Sunday, June 2, 2013

Cara Memperkenalkan Diri pada Forum Resmi

Bagaimana cara memperkenalkan diri pada acara forum resmi?
Sebelum memandu acara, seorang moderator akan memulai dengan memperkenalkan diri sebagai pihak yang akan memandu acara serta sekilas tentang identitas diri yang diperlukan sesuai dengan situasi dan kondisi. Terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memperkenalkan diri dalam forum resmi.

Pertama, jangan sampai muncul kesan menyombongkan diri. Kedua, jangan menghabiskan waktu terlalu lama saat memperkenalkan diri. Sama halnya dengan memperkenalkan diri, pada saat memperkenalkan orang lain (pembicara) dalam forum resmi juga perlu disebutkan identitas dan beberapa hal yang dibutuhkan. Berikut ini adalah hal-hal yang umumnya disebutkan dalam memperkenalkan orang lain (pembicara).
a) Nama lengkap termasuk juga gelar.
b) Tempat dan tanggal lahir.
c) Alamat asal dan alamat tempat tinggal.
d) Pekerjaan dan atau jabatan.
e) Pengalaman yang berkaitan dengan pekerjaan atau jabatan.
f) Informasi yang dianggap sesuai dengan kebutuhan dan situasi.

Untuk memperkenalkan seorang pembicara dalam forum resmi, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, lakukan perkenalan dengan sungguhsungguh, penuh khidmat, dan hindari suara yang bernada sinis. Kedua, lakukan dengan wajar dan tidak berlebihan. Ketiga, bisa diselingi dengan rasa humor dalam batas yang wajar. Keempat, jangan menghabiskan terlalu banyak waktu hanya untuk perkenalan waktu saja. Kelima, upayakan volume suara jelas terdengar serta berilah tekanan pada kata-kata yang perlu.

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Arti Istilah dan Makna Kata - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger