Thursday, June 6, 2013

Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang memiliki kegiatan utama membeli dan kemudian menjual menjual barang dagangan. Perusahaan dagang dibedakan menjadi dua, yaitu perusahaan dagang besar (grosir) yang membeli barang dari pabrik dan menjual kepada perusahaan dagang pengecer, dan perusahaan dagang kecil atau pengecer yang membeli barang dari grosir kemudian dijual kepada pelanggan perorangan dengan harga eceran. Contoh: toko baju, toko sepatu, swalayan, toserba dan lain-lain.

Aktivitas perusahaan dagang untuk menghasilkan pendapatan melibatkan kegiatan menjual barang dagangan kepada pelanggan. Bila barang dagang tersebut telah dijual akan dilaporkan sebagai penjualan, dan biaya dari barang tersebut disebut sebagai harga pokok penjualan/ beban pokok penjualan (cost of goods sold atau cost of merchandhise sold). Penjualan dikurangi dengan harga pokok penjualan merupakan laba kotor (gross profit). Disebut demikian karena belum dikurangi dengan beban operasi.

Barang dagangan yang belum terjual pada akhir periode akuntansi disebut persediaan barang dagangan (merchandhise inventory), yang akan dilaporkan di neraca sebagai asset lancar.


0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Arti Istilah dan Makna Kata - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger